Sabtu, 05 Februari 2011

Kebiasaan Perusak Fungsi Otak



Dalam artikel sebelumnya,telah dibahas mengenai Sepuluh Cara Melatih Otak. Tentunya selain ada kegiatan kita untuk melatih otak pasti ada beberapa kegiatan atau kebiasaan kita dengan tanpa di sengaja merusak fungsi otak kita sendiri.

Apa saja kebiasaan buruk itu??

1. Tidak Sarapan Pagi


Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara sarapan dengan otak, mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang. Selain itu, jika perilaku itu dilakukan semenjak kecil maka otak besar yang sedang berkembang mungkin akan mengalami penyusutan (atrofi), sehingga mempengaruhi pertumbuhan intelegensia dan mengakibatkan kemampuan berpikir menjadi lambat.


2. Merokok


Mekanisme yang tepat untuk dampak merokok terhadap fungsi otak yang lebih tinggi masih belum jelas, namun mungkin melibatkan efek neurokimia baik dan kerusakan pada pembuluh darah yang memasok otak. Hal ini konsisten dengan temuan lain bahwa orang dengan penyakit jantung dan penyakit paru-paru cenderung mengalami penurunan fungsi neurokognitif. Selain itu Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.


3. Kurang Tidur


Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak. Selain itu tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga kebanyakan tidur karena bisa membuat anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.


4. Menggunakan pikiran saat sakit


Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak anda.


5. Jarang Bersosialisasi


Sebagi makhluk social kita harus menjaga hubungan kita dengan orang lingkungan sekitar. Banyak-banyaklah berhubungan,selain bisa saling tolong menolong, bersosialisasi dengan orang sekitar diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Jarangnya berkomunikasi atau bersosialisasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.


Selain Lima kebiasaan diatas masih banyak lagi cara-cara hidup atau kebiasaan kita yang dapat mengganggu fungsi otak diantaranya makan terlalu banyak, jarang dipakai memikir dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar