Jumat, 08 April 2011

Kerja adalah Anugerah




Semua pekerjaan adalah sama, yang menjadi pembeda adalah hanya seragam dan tempatnya. Besar atau kecinya pun tergantung pada apa yang kita kerjakan. Walaupun kecil tapi mendatangkan berkah tentu lebih baik, daripada besar tapi hidup tak tenang karena di Polisi.
Berikut ini cara agar kita tetap semangat untuk bekerja


Punya Mimpi.
Mempunyai mimpi pada karier Anda bisa memicu semangat yang akan mendukung pekerjaan. Anda jadi bergairah untuk menyusun langkah-langkah yang tepat demi tercapainya keinginan Anda.

Mulailah dari yang kecil, seperti membuat target-target mingguan. Minggu ini, target menyelesaikan draft presentasi. Target selanjutnya, menyelesaikan negosiasi dengan klien, dan lainnya.

Mengingat Kesuksesan.
Hasil penelitian membuktikan, semangat kerja yang kendur bisa bangkit kembali seketika saat Anda mengingat keberhasilan yang pernah Anda raih sebelumnya. Katanya, kelenjar adrenalin akan lebih aktif bekerja, saat Anda mengingat masa-masa indah termasuk keberhasilan. Sehingga mampu merangsang semangat, kreativitas dan kepercayaan diri.

Minta Proyek Baru.
Anda mungkin tipikal yang selalu bersemangat menghadapi tantangan baru. Bila suatu pekerjaan sudah membuat Anda stuck, coba minta atasan untuk memberikan proyek baru, sehingga gairah bekerja Anda bangkit kembali.

Bicara Pada Sahabat.
Saat sedang down, Anda butuh orang untuk mendengarkan. Bertemu sahabat dan ngobrol panjang lebar tetang masa-masa indah yang pernah Anda alami, akan menyegarkan pikiran. Mereka mungkin bisa memberikan suntikan semangat baru pada Anda.

Bayangkan Yang Indah.
Bila semangat kerja Anda turun, tapi pekerjaan menumpuk, segera bayangkan bahwa setelah pekerjaan selesai, Anda akan memanjakan diri, dengan melakukan massage, salon, spa, shopping, atau hang out bersama teman-teman.

Ambil Kursus.
Meraih cita-cita pribadi dengan dukungan kantor membantu Anda memiliki keterikatan terhadap kantor. Ambilah kursus-kursus yang diminati dan mampu membuat Anda fun. Kalau Anda merasa puas dengan yang didapat di luar kantor, Anda bisa lebih menikmati pekerjaan, dan tidak lagi menganggapnya sebagai beban.

Pikirkan Yang Paling Disukai.
Apa sih yang Anda sukai dari pekerjaan Anda? Rekan kerja yang menyenangkan, waktu yang fleksibel, atasan yang bijaksana, atau apa?

Bila masih bisa menyebutkan lebih dari lima hal dari pekerjaan yang bisa membuat Anda tersenyum, sepertinya semangat Anda yang hilang tersebut bisa segera Anda temukan kembali.

Munculkan Pesaing.
Pada dasarnya setiap orang punya jiwa bersaing dalam dirinya. Jadi, bila semangat mulai kendur, jadikan salah satu rekan yang dianggap cemerlang sebagai rival Anda di kantor. Berusahalah untuk menyaingi prestasinya, tentunya dengan cara yang sehat.

Selain itu, dalam pepatah Islam dikatakan “bekerjalah untuk duniamu seolah-olah kau akan hidup selamanya dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah kau akan mati besok”

1 komentar: