Jumat, 15 April 2011

Inovasi Sepatu Bola


Sepakbola mungkin bisa diklaim olahraga terpopuler di dunia ini. Tidak hanya laki-laki saja perempuan bahkan menyenangi olahraga ini. Bahkan olahraga ini tidak memepunyai bats usia penggemar dari anak kecil sampai orang tua juga sama menggilai olahraga yang satu ini.

Sepakbola tentu tak lepas dari sepatu. Sepatu yang khusus untuk bermain sepakbola tentu berbeda dengan sepatu biasa. Sepatu bola pada umumnya mempanyai pull atau stud atau sesuatu yang menonjol dibawah tapak sepatu. Tujuan diberikan stud ini agar para pemain tidak mudah terpelset. Stud ini harus dibuat membulat, tidak boleh kerucut ataupun runcing dan diameternya tidak lebih dari satu inchi

Pada awal kemunuculannya sepatu bola dibuat dari bermacam variasi kulit, tetapi awalnya kulit kangguru paling sering dijadikan pilihan. Selain itu hanya mempunyai satu warna yaitu hitam. Sehingga pada zaman dulu tetntunya semua pemain memakai warna yang sama.

Pada tahun 1900an, muncul beberapa produsen sepatu bola seperti Gola(1905), Valsport (1920) dan pembuat sepatu dari Denmark, Hummel(1923). Hingga di Jerman juga muncul Dassler bersaudara yaitu Adolf dan Rudolf yang membangun Gebruder Dassler Schuhfabrik (Dassler Brother Shoe Factory) di Herzogenaurach tahun 1924 dan mulai memproduksi sepatu bola tahun 1925 yang memiliki 6 atau 7 paku/cleat yang bisa dipindah-pindah. Bertujuan untuk menyesuaikan cuaca ketika bermain.

Tak hanya bobot sepatu semakin ringan, tapi warna sepatu semakin bervariasi. Sehingga pemain bisa memilih warna sepatu sesuai kehendak mereka.

Pada awal 1970an, perusahaan sepatu mulai mensponsori para pemain. Dimana seorang pemain saat itu dibayar dan dibuatkan sepatu khusus untuk sang pemain tersebut. Bukan hanya itu, pemain juga diharuskan memakai sepatu yang seusai dengan merk yang mensponsorinya.

Hingga sampai tahun ini, para produsen sepatu masih melakukan inovasi yang berhasilmemanjakan para pemainnya. Mulai dari sepatu bertipe untuk mengontrol, menendang, lari dan lain sebagainya. Sehingga, bisa memudahkan pemain untuk memilih tipe mana yang cocok dengan gaya permainannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar