Selasa, 10 Mei 2011

Laut Mati Menuju Kebangkitan

Laut mati sebenarnya bukanlah sebuah laut. Melainkan sebuah danau besar yang terletak di daerah otoritas Palestina dan Yordania. Selain itu laut mati merupakan daerah dengan titik terendah di bumi yaitu 1400 kaki dibawah permukaan laut mati.

Mengapa danau atau laut ini disebut laut mati?? Hal ini dikarenakan tak ada satupun spesies tumbuhan yang hidup di dalam perairan atau di dalam laut ini. Ini disebabkan karena kadar garam yang sangat tinggi yang terkandung dalam air lautnya.

Diperkirakan, kadar garam laut mati sekitar 32% dibandingkan laut sekitarnya. Oleh karena itulah, jangankan untuk hidup untuk berenang pun ikan-ikan akan susah. Karena dengan kadar garam yang begitu tinggi manusia pun tidak dapat tenggelam, melainkan tetap terapung diatas air.

Namun, beberapa dekade atau bebrapa tahun ini. Laut mati dikabarkan megalami penyusutan intensitas airnya. Hal ini mungkin terjadi karena pemanasan global tentunya bahkan ada yang mengatakan dikarenakan adanya pengambilan air dari laut mati.

Untuk mengatasi hal ini, karena dikhawatirkan akan terjadi penyusutan yang signifikan, direncanakan akan di bangun bendungan yang berhubungan dengan laut merah untuk mengisi volum eair yang hilang.

Hal ini tentu akan mengubah kadar garam laut mati sendiri dan akan berakibat adanya spesies-spesies ikan yang mampu bertahan tentunya. Setelah ada kehidupan di dalam laut mati, apa masih pantas diesbut laut mati?? Atau jangan-jangan nanti di sebut laut bangkit???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar