Minggu, 06 Maret 2011

Melihat Akuarium Ikan Paus




Akuarium Churaumi adalah bagian dari Taman Expo Samudra Nasional yang terletak di Motobu, Okinawa. Akuarium terdiri dari empat lantai, dengan tangki berisi makhluk laut dalam, hiu, karang dan ikan tropis. Akuarium diatur pada ketinggian 19.000 m² diatas tanah, dengan total 77 tangki berisi 10.000 m³ air. Air untuk pameran air laut dipompa ke akuarium dari 350 sumber lepas pantai, 24 jam sehari.

Uniknya, ikan-ikan di dalam akuarium ini bukanlah ikan-ikan biasa. Tetapi merupakan ikan-ikan dengan tubuh yang besar yaitu ikan hiu paus, hebat bukan.Bisa kita bayangkan seberapa besarnya akuarium yang digunakan untuk menampung ikan-ikan tersebut.

Tangki utama yang disebut Laut Kuroshio, menampung 7.500 meter kubik (1981000 USgal) air dan fitur sebuah panel kaca akrilik berukuran 8,2 sebesar 22,5 meter (27 dengan 74 kaki) dengan ketebalan 60 cm (24 in), panel tersebut terbesar di dunia ketika akuarium dibuka. Paus hiu, pari manta disimpan bersama banyak spesies ikan lainnya ke dalam tangki utama. Kelahiran manta ray pertama di akuarium itu pada tahun 2007. Pada Juli 2010, telah ada total empat pari manta lahir di akuarium.

Selain itu akuarium ini memiliki 80 spesies karang. Ini adalah salah satu dari hanya beberapa akuarium yang memelihara hiu paus di penangkaran, dan saat ini mereka sedang dicoba untuk dikembangbiakan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar