Minggu, 06 Maret 2011

Kurangi Minuman Bersoda Demi Kesehatan




Lagi-lagi kabar tidak menyenangkan bagi Anda para pecinta minuman. Pasalnya,baru-baru ini The Center for Science in the Public Interest (CSPI), sebuah lembaga pemantau produk-produk makanan yang berbasis di Washington, menyatakan bahwa warna cokelat karamel pada minuman bersoda yang beredar di masyarakat mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker.

"Bahan-bahan kimia tersebut terbentuk dalam jumlah yang sangat kecil, namun memiliki dampak yang sangat signifikan," ujar Michael Jacobson, Exsecutive Director CSPI, seperti yang dikutip oleh laman TIME.

Bahan kimia yang terkandung dalam minuman bersoda adalah bahan kimia seperti 2-methylimidazole dan 4-methylimidazole. Pada tubuh manusia, dua bahan kimia tersebut dapat menyebabkan leukimia, kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker tiroid.

Namun, American Beverage Association menyatakan bahwa penelitian tersebut belum dapat membuktikan bahwa tumor yang terjadi di tikus dapat terjadi pula pada tubuh manusia. "Mungkin manusia harus meminum 1.000 botol soda per hari untuk mendapatkan dampak yang sama seperti tikus percobaan tersebut," ujar Fred Gurengerich, seorang peneliti biologi dan kimia dari Universitas Vanderbilt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar