Sabtu, 04 Juni 2011

Bahaya Tidur Sambil Menonton TV


Bagi sebagian orang kadang saat mereka hendak tidur mereka menonton TV atau sambil mendengarkan musik, dengan alasan agar mereka cepat tertidur. Memang, kadang dengan melakukan hal itu kadangkala rasanya tanpa disadari kita tertidur dengan TV yang masih menyala atau denagn lagu yang masih berputar sampai kita dengan atau tanpa sadar mematikannya. Tetpai, ternyata hal tersebut merupakan suatu hal yang buruk dan berbahaya, kenapa demikian??

Tidur merupakan kebutuhan manusia, tak ada manusia yang sanggup tidak tidur smpai berhari-hari. Selain itu, dengan tidur yang berkualitas metabolisme tubuh tertata kembali serta dapat mengantikan sel-sel dalam tubuh yang telah rusak.

Kembalai ke permasalahan diatas, kenapa tidur dengan TV menyala atau sambil mendengarkan musik berbahaya?? Memang bagi sebagian orang hal itu memudahkan membuat mereka cepat tertidur hanya tanpa disadari saat mereka bangun tadi mereka akan merasa akan lebih tegang atau stres.

Hal itu terjadi karena sebenarnya otak kita tidak tidur saat kita tertidur. Otak selalu menjalankan aktivitasnya walaupun tidak sesibuk seperti di saat bangun, yaitu menjalankan sistem metabolisme tubuh.

Namun, apabila kita membiarkan TV atau smabil mendengarkan musik, otomatis gelombang cahaya atau gelombang suara yang ada akan diterima oleh penginderaan kita. Gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak kita. Padahal otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk.

Jika hal ini berlangsung sepanjang malam, berarti kita hanya tidur menurut tubuh luar karena otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut. Jadi jangan biarkan otak Anda kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari, sedangkan di siang hari otak juga akan diperas oleh kegiatan rutin kita.

2 komentar:

  1. yupz!! makanya itu gan sebenarnya banyak kebiasaan2 yang kita lakukan ternyata malah berdampak buruk bagi tubuh kita,.
    wah g nnton ane gan

    BalasHapus