Selasa, 31 Januari 2012

Profil Desa Malahayu



Desa Malahayu merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Brebes adalah Kecamatan Banjarharjo, di mana terdapat areal persawahan dengan sistem terasering karena mayoritas topografinya berupa perbukitan. Salah satu desa bagian dari Kecamatan Banjarharjo adalah Desa Malahayu, yang letaknya 35 km dari pusat kota Brebes. Secara geografis, desa ini berbatasan dengan beberapa wilayah administrasi lain, yaitu:
Sebelah utara    : Desa Banjarharjo,  Parirejo, Tiwulandu
Sebelah selatan: Desa Kertasari, Bandungsari, Cipajang
Sebelah timur    : Desa Cikuya
Sebelah barat   : Desa Penanggapan dan Kab. Kuningan
Di desa Malahayu ini terdapat waduk yang dibangun sejak zaman kolonial Belanda yaitu tahun 1930 dengan luas ±702 Ha. Fungsi waduk ini antara lain sebagai sarana irigasi lahan pertanian wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kersana, Ketanggungan, Losari, Tanjung dan Bulakamba. Sebagai pengontrol banjir, tempat budidaya perikanan serta sarana rekreasi. Fasilitas yang ada yaitu  wisata perahu, kolam renang dan mainan anak. Ini belum tergarap secara maksimum.
 Selain itu, desa Malahayu dikenal sebagai sentra keramik hias (terdapat 5 unit usaha dengan produksi pertahun 45.000 buah), di mana karya warga desa tersebut banyak diminati karena mempunyai nilai artistik  yang cukup tinggi. Di Desa Malahayu ini banyak warga yang membudidayakan ikan air tawar, baik dengan sistem keramba apung yang menghasilkan produksi 777,55 ton maupun sistem kolam terpisah karena adanya aliran air dari Waduk Malahayu yang secara praktis memberikan keuntungan dalam hal kemudahan irigasi.  Selain itu, di sana juga terdapat kelompok peternak penggemukan  sapi potong varietas Jabres (Jawa Brebes) yang jumlah sapinya lebih kurang mencapai 400 ekor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar